cover
Contact Name
Syahid
Contact Email
syahid.lppm@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosioekons.ips@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sosio e-kons
ISSN : 20852266     EISSN : 25025449     DOI : -
Sosio e-kons memuat berbagai artikel ilmiah meliputi Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan Konseling. Semoga jurnal ilmiah ini memberikan kontribusi dalam diseminasi keilmuan Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan dan Konseling sehingga memberikan manfaat teoritis bagi ilmuan dan manfaat praktis bagi kalangan akademisi
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons" : 13 Documents clear
Store Atmosphere terhadap Consumer Satisfaction melalui Experiential Marketing dan Perceived Quality Baso Japri Tasikmalaya Ela Laela; Mega Amalia Putri; Sri Rahayu Ningrat; Rudi Hakiki; Ripal Anwar Awalludin; Aris Nurul Muiz
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.15560

Abstract

Consumer satisfaction is a vital aspect that needs to be studied comprehensively to win market share amid the current competition. One of the Tasikmalaya culinary businesses that is currently developing and much loved by the community is Baso Japri. This study aims to identify the effect of store atmosphere through experiential marketing and perceived quality on consumer satisfaction at Baso Japri Tasikmalaya. The quantitative method with a sample of 100 respondents was taken using a non-probability sampling technique used in this study and analyzed using the partial least squares (PLS) technique with the SmartPLS 3.0 program. The data obtained were then analyzed using outer loadings, construct reliability and validity, discriminant validity, and path coefficient. The results of the study show that: 1) experiential marketing has a significant effect on consumer satisfaction of 5,601; 2) perceived quality has a significant effect on consumer satisfaction of 6,531; 3) store atmosphere has a significant effect on experiential marketing of 20,176; 4) store atmosphere has a significant effect on the perceived quality of 20,703; 5) store atmosphere has a significant effect on consumer satisfaction with experiential marketing as a mediating variable of 5,447. 6) store atmosphere has a significant effect on consumer satisfaction with perceived quality as a mediating variable of 6,032. For further consumer satisfaction research, it is hoped that researchers can increase the sample and complete the data so that there is more data and can support one another.
Inflasi dan Suku Bunga Indonesia (SBI) Mempengaruhi Pertumbuhan Industri Kosmetik di Indonesia Ratih Ikha Permata Sari; Cicih Ratnasih; Sugiyanto Sugiyanto
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.14644

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia. Variabel ekonomi yang dianalisis adalah Inflasi dan Suku Bunga Indonesia (SBI) sebagai variabel bebas. Sedangkan pertumbuhan pertumbuhan industri kosmetik sebagai variabel terikat. Data yang digunakan adalah data sekunder dari lima perusahaan, yaitu PT. Paragon Technology and Innovation, Marthatilaaar Group, Viva Cosmetics, PT. Mustika Ratu dan LOREAL, selama kurun waktu 2010-2021.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu untuk menjelaskan secara statistik hubungan dan pengaruh variabel ekonomi terhadap pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, baik secara keseluruhan maupun parsial.  Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inflasi berpengaruh signifikan sementara inflasi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan industri kosmetik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F-statistik 424.2280 > F-tabel dan prob (F-statistik) sebesar 0,000000 < 0,05. Secara parsial Inflasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan industri kosmetik dimana nilai t-statistik 28.82672 < nilai t-tabel 1,70 dan nilai prob (t-statistik) 0.0000 > 0,05. Sementara Suku Bunga Indonesia (SBI) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan industri kosmetik terhadap pertumbuhan ekonomi, dimana nilai t-statistik 0.950083 < nilai t-tabel 1,70 dan nilai prob (t-statistik) 0.3431 > 0,05. Kata kunci : Inflasi, Suku Bunga Indonesia (SBI), pertumbuhan industri kosmetik dan regresi linear berganda.
Evaluasi Implementasi Program Outsourcing di PT Elnusa Petrofin Aries Zuswana
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.16667

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa pelaksanaan program outsourcing yang berjalan sebagai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di PT Elanusa Petrofin yang menggunakan outsourcing sebagai strategi untuk mengembangkan bisnisnya terutama sebagai distributor BBM. Kajian penelitian menggunakan metode evaluasi pendekatan CIPP. Data diambil dengan menggunakan pedoman wawancara, kuesioner dan studi observasi serta dalam analisis dokumen dengan metode deskriptif melalui diskusi dan triangulasi. Semua kegiatan data keputusan dilakukan kepada seluruh Pemangku Kepentingan. Komponen ke dalam aspek evaluasi (CIPP) dalam penelitian ini meliputi: Evaluasi Konteks (C): Pentingnya tujuan dan sasaran dalam pelaksanaan Program; Evaluasi Masukan (I): Strategi, prosedur dan kegiatan program outsourcing; Evaluasi Proses (P): Proses pelaksanaan outsourcing dan Manajemen Program dan Evaluasi Produk (P): Hasil dan Manfaat.  Temuan studi evaluasi, menemukan bahwa Program Outsourcing AMT, tidak berjalan sebagai tujuan dan target. Semua strategi, prosedur dan kegiatan yang telah dibuat tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya.
Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Pada STIE Gici Business School Bogor Sopian Sopian; Hermawan Hermawan
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.16952

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of student satisfaction in mediating the service marketing mix on student loyalty at the Bogor branch of STIE Gici Business School. It is a quantitative research and the type of research is explanatory research. In this study using primary data through a survey with a sample of active students semester 3,4,5 and 7, totaling 100 respondents, this sample was taken using a purposive sampling technique. The analysis tool used is the Structural Equation Model (SEM) and processed using Smart PLS 3.2.9 software. The results showed that product and person variables had an effect on student satisfaction and student satisfaction could mediate product and person variables on loyalty. While influencing student loyalty are price, process, physical evidence and student satisfaction variables. 
Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi di Masa Covid-19 Pada Masyarakat Kota Jambi Heriyani Heriyani; Dilla Dwi Rahmatin Rusfa; Indri Rismayati
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.15502

Abstract

The development of economic growth in the era of globalization in Indonesia is currently experiencing very rapid progress. Therefore every individual or everyone must have sufficient knowledge and ability to manage a financial resource. This study aims to determine the effect of financial literacy, financial efficacy, and income on investment decisions during the Covid-19 period in the people of Jambi City. The sampling technique is using a purposive sampling method by distributing questionnaires as an instrument for taking a sample of 100 respondents. Researchers use a quantitative and associative approach. This study uses Multiple Linear Analysis namely T Test and F Test with data processing using SPSS 25 Software. The results of this study indicate that: (1) Financial literacy has a significant effect on investment decisions (2) Financial efficacy has no significant effect on investment decisions (3) Income has a significant effect on investment decisions and (4) Financial literacy, financial efficacy and income together have an effect on investment decisions. The results of the R2 test show that the variables financial literacy, financial efficacy, and income, and risk explain 68.9% of the dependent variable, namely investment decisions, while the remaining 31.1% is explained by other variables not included in this study.
Analisis Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM di Depok Kiki Ismanti
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.16303

Abstract

Banyak strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dan menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Salah satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah marketing mix strategy (strategi bauran pemasaran). Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap omzet penjualan pada UMKM di kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang mengandung data penjualan. Semua data ini diolah menggunakan SPSS (Statistic product and Service Solution) 20. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan Marketing Mix pada peningkatan volume penjualan pada pengusaha UMKM di Depok
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. XYZ Edi Purwanto; Imam Muhtadin; Ratu Sari Palestina
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.16597

Abstract

Artikel ini telah ditarik kembali
Pengaruh Sektor Pariwisata dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam terhadap Kesejahteraan Masyarakat Masayu Endang Apriyanti; Bondan Dwi Hatmoko
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.15039

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sector pariwisata dan pemanfaatan sumber daya alam terhadap kesejahteraan masyarakat. Dua sector yang merupakan usaha potensial untuk perbaikan kemajuan perekonomian bangsa, jika pengelolaannya dilakukan dengan tepat. Metode penelitian kuantitatif, menggunakan data sekunder BPS dan literatur. Data diolah dengan aplikasi SPSS 22. Objek yang diteliti seluruh provinsi di Indonesia, tahun 2019. Sektor pariwisata dengan indicator jumlah perjalanan wisatawan nusantara dan pemanfaaatan sumber daya alam dengan indicator banyaknya hasil produksi padi, dan Kesejahteraan masyarakat dengan indicator jumlah orang yang bekerja. Hasil  penelitian membuktikan ada pengaruh signifikan dari sector pariwisata dan pemanfaatan sumber daya alam terhadap kesejahteraan masyarakat, dengan hasil Sig., = 0.000<0.05 dan F = 122.295
Risiko Pasar dan Risiko Valas terhadap Profitabilitas pada Perbankan Umum BUMN yang Terdaftar pada BEI PERIODE 2014-2021 Aura Diva Azzahra; Widya Febryari Anita
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.15782

Abstract

Dalam menjaga Kesehatan dan keberlangsungan hidup perbankan, perusahaan perbankan selalu berusaha untuk menghindari berbagai risiko, internal ataupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kesehatan dan kinerja perbankan umum BUMN dalam mengelola risiko pasar dan risiko valas. Untuk menganalisis pengaruh Risiko Pasar dengan memakai proksi Capital Aquedency Ratio (CAR) dan Risiko Valas dengan proksi yang digunakan ialah Posisi Devisa Neto (PDN) terhadap Profitabilitas dengan proksi yaitu Return On Asset (ROA). Penelitian ini memiliki populasi perbankan umum BUMN terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan periode 2014-2021, lalu sampel ditentukan dengan memakai kategori purposive sampling ialah (a) perbankan mempunyai data lengkap selama perioode 2014-2021; (b) perusahaan merupakan perbankan umum non syariah BUMN; (c) laporan keuangan perbankan ditampilkan dengan menggunakan mata uang Rupiah. Kemudian pada pengkajian kali ini memakai uji analisa regresi linier berganda pada 4 perbankan umum BUMN non syariah yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2021 untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menghasilkan bahwa risiko valas yang diproksikan dengan CAR (Capital Aquedency Ratio) memiliki pengaruh secara parsial terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan ROA (Return On Asset), risiko valas yang diproksi menggunakan PDN (Posisi Devisa Neto) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap profitabilitas yang diproksi menggunakan ROA (Return On Asset), serta risiko pasar (CAR) dan risiko valas (PDN) secara simultan tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas (ROA).
Dampak Pengeluaran Pemerintah pada Human Development Index dan Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Jawa sugeng haryono; yolanda yolanda; Wahyu Murti
Sosio e-Kons Vol 15, No 1 (2023): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v15i1.16611

Abstract

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 mengalami penerunan banyak faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi antara lain human development index. Maka dari itu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh pengeluaran pemerintah sektor pendidikan, kesehatan terhadap human development index secara simultan dan Mengkaji dan menganalisis pengaruh human development index terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial, metode dalam penelitian ini menggunakan data panel, populasi yang kami gunakan adalah pulau jawa,yaitu  DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogjakarta, Banten, periode 11 tahun terakhir dari tahun 2010-2021. Hasil dalam penelitian adalah Pengeluaran pemerintah sektor kesehatan berpengaruh terhadap Human development indet (HDI), karena semua itu butuh sarana prasarana yang lengkap, seperti rumah sakit, dokter, dan obat-obatan dan semua itu perlu adanya anggaran dana bantuan dari pemerintah dengan adanya anggaran bantuan dari pemerintah kesehatan masyarakat akan terjamin. Pengeluaran pemerintah sektor pendidikan berpengaruh terhadap Human development index. Anggaran bantuan dana pemerintah sektor pendidikan sangatlah penting guna untuk membangun Gedung sekolah, perlengkapan sekolah serta tunjangan untuk guru. Sarana prasarana lengkap siswa nyaman belajar.. Human development indet (HDI) berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, kualitas kesehatan masyarakat membaik, pendidikan semakin berkembang, kesejahteraan masyarakat meningkat, yang berarti indeks pembangunan semakin meningkat, salah satu faktor pertumbuhan ekonomi dipulau jawa bisa meningkat adalah dengan memperbaiki Human development indet (HDI),

Page 1 of 2 | Total Record : 13